Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
Yulitae, AFB114040
Drs. Sunaryo A.I., M.Pd, 195805041983031005
Oktamia Karuniaty. S,M.Pd, 198410142008122001
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2022-09-07 03:36:06
Abstract :
Kata Kunci : Kedisiplinan Siswa, Proses Pembelajaran, Teknik Role Playing.
Kedisiplinan belajar tidak tumbuh dengan sendirinya tetapi memerlukan suatu latihan
maupun belajar yang akhirnya dapat membentuk suatu sikap pada diri seseorang untuk
berbuat disiplin belajar, sehingga kedisiplinan belajar dapat menjadikan suatu kebutuhan dari
seseorang dalam kehidupannya. Adapun kecenderungan dalam kedisiplinan belajar siswa, (1)
siswa terlambat masuk kelas, (2) sering izin keluar kelas dengan alas an ketoilet padahal
pergi ke kantin, (3) bermain handphone saat berlangsungnya pelajaran, dan (4) mengobrol
dengan teman pada saat jam pelajaran berlangsung.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik role playing dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI APK 3 SMK Negeri 2 Palangka Raya. Untuk
mengetahui sejauh mana teknik Role playing dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam
proses pembelajaran di kelas XI APK 3 SMK Negeri 2 Palangka Raya.
Metodologi penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
metode penelitian pre-eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI APK
3, tahun ajaran 2019/2020. sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI
APK 3.
Hasil penelitian ini adalah, teknik role playing mampu meningkatkan kedisiplinan
belajar siswa, hasilnya diperoleh dari hasil uji t dengan hasil t hitung adalah 5,221. Hasil
tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan t tabel 2,262 (5,221, ? 2,262) pada db= n-1
pada taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal
ini membuktikan adanya peningkatan kedisiplinan belajar siswa dengan menggunakan teknik
role playing.