Abstract :
Pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan dalam
proses pembelajaran menjadi tanggung jawab seorang guru dengan cara
menyampaikan materi menggunakan media pembelajaran yang dapat
menperjelas konsep yang abstrak. Salah satunya dengan menggunakan
software Macromedia Flash yang dapat dimanfaatkan untuk membuat
animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan
media pembelajaran berbasis Flash. Jenis penelitian ini adalah
penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VII MTs Al-Karimiyyah Beraji. Instrumen yang
digunakan adalah (1) Angket validasi ahli media; (2) Angket validasi
ahli materi; dan (3) Angket respon siswa. Teknik analisis data yang
digunakan adalah rata-rata total aspek kemudian dibandingkan dengan
kriteria penilaian skala 5 (sangat baik, baik, cukup, kurang, sangat
kurang). Rata-rata skor total yang didapatkan pada angket ahli media
adalah 3,36 Yang termasuk dalam kategori baik, sedangkan ahli materi
diperoleh rata-rata skor total sebesar 3,64 dengan kategori penskoran
sangat baik. Hasil respon siswa terhadap media didapatkan rata-rata
skor total untuk semua aspek (rasa senang, keingintahuan, perhatian,
ketertarikan) termasuk dalam kategori sangat positif yakni 90,625%.
Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran
elektronik berbasis flash layak digunakan sebagai alternatif media untuk
materi kalor dan perpindahannya.
Kata kunci: Media pembelajaran, Macromedia Flash 8, Kalor