Abstract :
Kemajuan dunia kesehatan yang semakin tinggi didukung dengan suatu
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin memperluas
pengetahuan mengenai tenaga medis dan kesehatan yang ada. Maka menambah
tuntutan masyarakat pada suatu mutu pelayanan kesehatan yang baik dan bagus.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh pelayanan terhadap
kepuasan pasien pada UPT. Puskesmas Pasongsongan. (2) Mengetahui pengaruh
fasilitas terhadap kepuasan pasien pada UPT. Puskesmas Pasongsongan. (3)
Mengetahui pengaruh lingkungan terhadap kepuasan pasien pada UPT.
Puskesmas Pasongsongan.(4) Mengetahui pengaruh pelayanan, fasilitas dan
lingkungan secara bersama-sama terhadap kepuasan pasien pada UPT. Puskesmas
Pasongsongan. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis
regresi linear berganda. Pengambilan sampel dilakukan dengan
tekniknonprobability sampling berupa sampling insidental,sedangkan teknik
pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuisioner, yang
kemudian diolah menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) Pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien.
Artinya Pelayanan yang baik akan menciptakan peningkatan kepuasan pasien.(2)
Fasilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Artinya
fasilitas yang mendukung dapat meningkatkan kepuasan pasien. (3) Lingkungan
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Artinya
Lingkunagn yang kondosif akan tercipta peningkatan kepuasan pasien. (4)
Pelayanan, Fasilitas dan Lingkungan secara bersama-sama memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap kepuasan pasien.
Kata kunci: Pelayanan, Fasilitas, Lingkungan dan Kepuasan