Abstract :
Pembelajaran berbasis IPA adalah pembelajaran yang
menjadikan IPA sebagai metode atau pendekatan dalam proses belajarmengajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar siswa yang diajarkan menggunakanmetode ceramahdenganmedia
kartu bergambardan tanpa media kartu bergambar.Jenis data adalah
deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian di kelas IV A dan IV B. Teknik
pengambilan sampel data menggunakan carapurposive sampling. Cara
mengambil data penelitian yaitu dengan tes obyektif dan
observasi.Instrumen penelitian yaitu instrumen tes dan non tes.Data hasil
belajar di analisis menggunakanuji t sampel bebas.Nilai rata-rata hasil
belajar kognitif siswa kelas eksperimen sebesar 79,11%, sedangkan
kelas kontrol sebesar 61,95% dengan nilai signifikansi 0,005. Hal ini
menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergambar dengan metode
ceramah berpengaruh nyata terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol
sama-sama memiliki persentase keterlaksanaan sebesar 89%.Namun
hanya saja pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang berbeda.
Kata kunci : media kartu bergambar dan hasil belajar kognitif