Abstract :
Tingginya minat membaca siswa harus didukung oleh jumlah
bahan ajar yang memadai. Jumlah bahan ajar yang kurang memadai bisa
menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu cara untuk
mengatasi permasalahan di MTs Sayyid Yusuf Talango adalah
mengembangkan bahan ajar berupa handout dengan pendekatan
kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kelayakan handout; 2)
respon siswa terhadap handout; dan 3) prestasi belajar siswa. Penelitian
ini menggunakan pendekatan penelitian Research and Development
(R&D) yang dikembangkan oleh Sugiyono. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VII di MTs Sayyid Yusuf Talango. Teknik analisis data
pada (1) kelayakan handout diperoleh dari hasil validasi produk oleh
ahli materi dan media; (2) respon siswa terhadap handout diperoleh
menggunakan penyebaran angket, (3) serta prestasi belajar
menggunakan uji t 2 Sampel Bebas. Hasil penelitian ini didapat (1)
Kelayakan handout dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan
untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Sayyid Yusuf
Talango oleh ahli materi dan media sebesar 78,9% termasuk dalam
kategori layak digunakan dan (2) Respon siswa setelah menggunakan
handout dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Sayyid Yusuf Talango dari
5 aspek rata-rata memperoleh kriteria sangat baik dengan persentase
88,92%, (3) Prestasi belajar siswa setelah menggunakan handout dengan
pendekatan kontekstual yang dikembangkan meningkat dengan hasil uji
t sampel bebas memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,005.
Kata Kunci: Handout, Kontekstual, Prestasi belajar.