Abstract :
Penelitian ini berjudul ?Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Distribusi
terhadap Kepuasan Pelanggan pada UD LIN Kabupaten Sumenep. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari kualitas produk, harga dan
distribusi terhadap kepuasan pelanggan pada UD LIN Kabupaten Sumenep.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 77 pelanggan atau
responden. Kemudian teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda dan determenasi. Selanjutnya untuk menguji pengaruh secara parsial dan
simultan dari ketiga variabel bebas tersebut, uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji
F).
Hasil pengelolahan data menunjukkan kualitas produk (X1), harga (X2),
dan distribusi (X3) secara parsial mempengaruhi kepuasan pelanggan pada UD
LIN Kabupaten Sumenep. Hal ini ditunjukkan dengan thitung dari variabel kualitas
produk adalah 2,938 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,004, kemudian thitung dari
variabel harga adalah 4,774 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000, dan thitung
dari variabel distribusi adalah 6,598 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000,
Data di atas menunjukkan bahwa nila i signifikansi yang dihasilkan masingmasing variabel bebas berada di bawah 0,05.
Kemudian uji F yang dilakukan juga menunjukkan kualitas produk (X1),
harga (X2), dan distribusi (X3) secara simultan (bersama-sama) mempengaruhi
kepuasan pelanggan pada UD LIN Kabupaten Sumenep. Hal ini ditunjukkan
dengan nilai uji F yang dihasilkan bahwa nilai Fhitung 161.550 adalah lebih besar
daripada nilai Ftabel pada df=74, yaitu 2,73, data ini menunjukkan bahwa Fhitung>
Ftabel. Selanjutnya kualitas produk, harga, dan promosi mempunyai pengaruh yang
sangat kuat dalam mempengaruhi terciptanya kepuasan pelanggan pada UD LIN
Kabupaten Sumenep, hal ini ditunjukkan dengan adanya koefisien determinasi
berganda antara kualitas produk (X1), harga (X2), distribusi (X3) dengan kepuasan
pelanggan (Y) dapat dijelaskan oleh kualitas produk (X1), harga(X2), distribusi
(X3) melalui regresi Y = -0,374 + 0,251 X1 + 0,088 X2 + 0,112 X3. Hal ini
menunjukkan seberapa signifikan peran dari kualitas produk (X1), harga(X2),
distribusi (X3) terhadap kepuasan pelanggan sebesar 86,4%
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Distribusi, Kepuasan Pelanggan