Abstract :
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual,
kecerdasan emosional, kecerdasan spritual dan perilaku belajar secara parsial
terhadap pemahaman akuntansi. Jenis penelitian adalah kuantitatif, populasi
dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Prodi Akuntansi fakultas ekonomi
dan bisnis Universitas Wiraraja dengam jumlah empat ratus tiga puluh (430),
metode pemilihan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis yang
dilakukanmenggunakanstatistik dengan menggunakan komputer program
?Software Statistic Product for the Social Science? tehnik analisis yang digunakan
adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis
dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) kecerdasan inteltual berpengaruh positif
dengan nilai signifikasi 0,001 < 0,05, artinya semakin baik penerapan kecerdasan
intelektual maka pemahaman akuntasi juga akan meningkat; (2) kecrerdasan
emosional berpengaruh positif dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, artinya
semakin baik penerapan kecerdasan emosional maka pemahaman akuntasi juga
akan meningkat; (3) kecerdasan spritual berpengaruh positif dengan nilai
signifikasi 0,001 < 0,05 artinya semakin baik penerapan kecerdasan spritual maka
pemahaman akuntasi juga akan meningkat; (4) ) perilaku belajar berpengaruh
positif dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 artinya semakin baik perilaku belajar
maka pemahaman akuntasi juga akan meningkat.
Kata Kuci : Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual,
Perilaku Belajar Dan Pemahaman Akuntansi