Abstract :
Kecanduan game online berdampak buruk sehingga membentukperilaku agresif
yang tertanam dalam diri pecandu tersebut. Perilaku?agresif biasanya ditunjukkan
untukmenyerang, menyakiti atau melawan orang lain,?baik itu secara?fisik
maupun secara?verbal di provensi jawa timur tepatnya di kecamatan arjasa dusun
aeng pao mencapai 33,3% remaja perempuan dan 57,7% remaja laki-laki.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kualitatif.dengan
pendekatan Fenomenologi. Responden dalam penelitian ini yaitu 30 remaja yang
kecanduan game online di dusun aeng pao kecamatan arjasa sumenep.Tehnik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 5 orang. Data
dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan remaja yang kecanduan game
online.
Hasil penelitian didapatkan bahwa 5 remaja yang bermain game online di
Dusun Aeng Pao sangat antusias sekali ketika bermain game. Berdasarkan hasil
penelitian membuktikan bahwa kecanduan game online benar-benar berdampak
memicu perubahan perilaku, seperti perilaku agresif dan agresif verbal.
Salah satu solusi untuk mengurangi kecanduan dan durasi waktu dalam
bermain game perlu adanya aktifitas. Memilik kompetensi social juga sangat perlu
karena remaja yang kurang memiliki kompetensi sosial akan mengalihkan
kegiatan yang lebih menyenangkan yaitu dengan bermain game online.
Kata kunci: perilaku agresif, remaja, game online