Abstract :
Penelitian ini bertujuan (1) untuk meningkatkan keefektifan siswa selama
kegiatan belajar dengan menggunakan media sticky card (kartu tempel) (2)
menghasilkan media belajar yang inovatif dan dapat meningkatkan motivasi siswa.
Media sticky card (kartu tempel) dilatarbelakangi penguasaan siswa terhadap media.
Adapun hasil yang diperoleh siswa untuk memahami dan mengetahui terhadap media
sticky card (kartu tempel). Jenis pendekatan dalam penelitian adalah pendekatan
prosedural, yang mana pengkajian selanjutnya dalam penelitian ini adalah merupakan
prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau
lisan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cangkreng 1 Kecamatan Lenteng
Kabupaten Sumenep. Analisis data yang digunakan adalah analisis pengembangan
dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penelitian pengembangan di SDN
Cangkreng 1 dengan menggunakan media sticky card (kartu tempel). Pengembangan
media permainan Sticky Card (kartu tempel) kelas 1 melewati tahap validasi untuk
mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan, kelayakan respon guru terhadap
produk yang dikembangkan. Penelitian merujuk model pengembangan Sugiyono
yang terdiri dari 10 langkah pengembangan yang kemudian diadaptasi oleh peneliti
menjadi 7 langkah pengembangan, yang dimulai dari pencarian potensi dan masalah,
pengempulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, dan
revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi
desain media, dan angket angket respon guru. Hasil validasi desain media
mendapatkan persentase sebesar 80% dari ahli desain media, sedangkan hasil validasi
angket respon guru mendapatkan persentase sebesar 100% dari ahli angket respon
yang termasuk kategori sangat sesuai dan tidak revisi. Tahap uji coba produk di uji
cobakan kepada 5 siswa kelas 1 sekolah dasar sebagai subjek uji coba penelitian.
Kata kunci: Media, Sticky card, Membaca