Abstract :
Siswa beranggapan bahwa matematika merupakan pembelajaran yang rumit
dan sulit untuk dapat dipecahkan, sehingga banyak siswa tidak menyukai
pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan
pengembangan permainan tradisional ?i??i? dalam pembelajaran matematika
satuan panjang kelas III sekolah dasar, serta untuk mengkaji respon siswa
terhadap III pengembangan permainan tradisional ?i??i? dalam pembelajaran
matematika satuan panjang kelas III sekolah dasar. Metode pengembangan yang
digunakan pada penelitian ini yaitu diadaptasi dari Sugiyono (2017), yang terdiri
dari 10 tahapan. Instrument pada penelitian ini yaitu terdiri dari buku petunjuk
tradisional ?i??i?, lembar observasi keterlaksanaan, lembar instrument kuesioner
respon siswa, lembar instrument wawancara, dan lembar validasi produk yang
terdiri dari lembar validasi materi, validasi buku petunjuk, validasi permainan
tradisional ?i??i?. Pada tahap validasi dapat diperoleh hasil berupa validasi materi
mendapat 100%, validasi buku petunjuk 98%, dan validasi permainan tradisional
?i??i? mendapat 100%, dapat dikatakan bahwa kategori untuk semua validasi
yaitu Sangat Layak. Pada tahap uji coba produk dilakukan pada siswa kelas III
sekolah dasar secara terbatas yaitu sebanyak 4 siswa dikarenakan adanya pandemi
covid-19 di daerah penelitian di desa Patean, kecamatan Batuan, kabuaten
Sumenep. Hasil kuesioner respon siswa mendapat 98% yang termasuk dalam
kategori sangat baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa permainan tradisional
?i??i? layak untuk digunakan.
Kata Kunci : Pengembangan, Permainan Tradisional ?i??i?