Abstract :
Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan
menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk
menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi
program studi banding di SDIT Al-Wathoniyah serta dampak program studi
banding bagi guru di SDIT Al-Wathoniyah. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualittif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah,
guru, dan siswa yang ada di SDIT Al-Wathoniyah. Hasil penelitian ini adalah:
Pertama, implementasi program studi banding di SDIT Al-Wathoniyah
dilaksanakan di kota-kota besar seperti Malang dan Surabaya. Kegiatan ini
dilaksanakan satu tahun sekali dan berlangsung selama 2 hari. Kedua, dampak
program studi banding bagi guru di SDIT Al-Wathoniyah memberikan dampak
yang positif sehingga menjadikan guru lebih kreatif dalam mengajar. Terdapat
salah satu guru yang menerapkan hasil dari studi banding ke dalam pembelajaran,
yaitu tentang menanam sayur hidroponik.
Kata kunci : Studi Banding, Kreativitas Guru, Pembelajaran