Abstract :
Pendidikan inklusif merupakan pendidikan yang dapat memberikan
peluang untuk siswa berkebutuhan khusus untuk memperoleh pendidikan yang
setara dengan siswa normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pelaksanaan pendidikan inklusif di SDIT Al-Wathoniyah serta kegiatan belajar
mengajar bagi siswa ABK berprestasi di SDIT Al-Wathoniyah. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah,
guru, dan siswa berkebutuhan khusus di SDIT Al-Wathoniyah. Hasil penelitian ini
adalah Pertama, pelaksanaan pendidikan inklusif di SDIT Al-Wathoniyah
dilakukan dengan menyatukan siswa berkebutuhan khusus dengan siswa normal
dalam satu kelas. Tidak ada guru pendamping khusus bagi siswa berkebutuhan
khusus, artinya penanganan khusus bagi siswa berkebutuhan khusus sepenuhnya
dilakukan oleh guru kelas. Kedua, kegiatan belajar mengajar bagi siswa
berkebutuhan khusus berprestasi di SDIT Al-Wathoniyah pada saat pembelajaran
dilakukan dengan pendekatan individual. Guru mendampingi siswa berkebutuhan
khusus selama siswa berkebutuhan khusus mengalami kesulitan. Terdapat salah
satu siswa berkebutuhan khusus yang berprestasi namun prestasi yang diperoleh
bukan prestasi akademik. Melainkan prestasi non akademik. Prestasi yang di raih
ialah juara 6 lomba renang se Madura, juara 3 lomba menyalin cerita dan
diundang sebagai tamu di ekskul Art Club karena bakat menggambar pada tahun
2019 mendapatkan SDITA AWARD.
Kata Kunci : Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus, Berprestasi