Abstract :
Guru masih kesulitan dalam mengajarkan kurikulum 2013 dibandingkan
dengan kurikulum ktsp terdahulu, dengan alasan kesulitan dalam menggabungkan
antar mata pelajaran. Sehingga berdampak pada kurangnya pemahaman siswa
terhadap buku tematik. Peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan media pop-
up book tipe shared untuk memudahkan siswa belajar memahami dan guru dalam
menyampaikan pembelaran dengan kurikulum 2013 lebih mudah. Tipe Shared
pada penelitian pengembangan Pop-Up Book ini menggunakan dua mata pelajaran
setiap satu jilid buku atau pembelajaran. Media Pop-Up Book Tema 8 Subtema 1
6 Pembelajaran. Ukuran kertas Pop-Up Book A5 2 Dimensi dan kertas foto paper
260 gsm. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall
yang terdiri dari 10 tahapan pengembangan, namun hanya 7 tahapan yang
digunakan karena adanya pandemi covid-19. 1), Potensi dan masalah. 2),
Pengumpulan data. 3), Desain produk. 4), Validasi desain. 5), Revisi desain. 6),
Uji coba produk. 7), Revisi produk. Instrumen pengambilan data yang dilakukan
penelitian ini menggunakan lembar validasi materi dan media. Pada tahap validasi
materi mendapatkan persentase 95%, dan media 100% dengan kategori sesuai
dan tidak revisi. Tahap uji coba terbatas dengan 6 siswa kelas IV sekolah dasar
dengan respon siswa mendapakan persentase 97,5% dengan kategori sangat baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pop-up book tipe
shared layak untuk digunakan.
Kata kunci: Pengembangan, Pop-Up Book, Tipe Shared.