Abstract :
Kata Kunci : Gaya Mengajar, Pembelajaran Tematik
Latar belakang penelitian ini pembelajaran daring siswa lebih tidak
mengerti, siswa lebih paham pembelajaran langsung namun disebabkan pandemi
Covid-19 maka guru mengalami kesulitan dalam pmebelajaran sehingga
berdasarkan ahli harusnya pembelajaran tematik secara daring diterapkan sesuai
pembelajaran saat ini.Namun pembelajaran daring yang dilakukan guru itu
berbeda-beda disesuaikan dengan kemampuan guru dalam mengajar.
Penelitianiniakandilaksanakan
di
SDN
Banaresep
Timur
I.Waktupenelitianinidilakukan
secara
online/daring
tahunpelajaran
2020/2021.Subjekpenelitian wali kelas, siswa dan orang tua siswa kelas IV, V dan
VI.
Jenispenelitianinimerupakanpenelitian
kualitatif.
Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneitian ini adalah
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penemuan yang telah dipaparkan pada pembahasan sebelumnya
terkait dengan gaya mengajar guru kelas IV, V, dan VI dalam Pembelajaran
Tematik Secara Daring di SDN Banaresep Timur I semua sama yang diterapkan
oleh wali kelas yaitu gaya mengajar teknologis yang dipadukan dengan
pembelajaran tematik agar siswa lebih aktif, kreatif dan menyenangkan dalam
mengikuti pembelajaran secara daring/online.Meski gaya mengajar teknologis
menjadi keharusan pada pembelajaran saat ini namun gaya mengajar Ibu Rahmah
dan Ibu Yuli lebih ke gaya mengajar tugas karena mengutamakan penugasan
terhadap siswa yang dipadupadankan dengan video edukasi, foto mata pelajaran
dan suruhan tertulis di whatsapp. Lain halnya dengan Bapak Imam, gaya
mengajarnya lebih ke gaya mengajar individual karena membuat video edukasi
sendiri, membuat foto edukasi sendiri yang dipadukan dengan materi ajarnya dan
lebih mengutamakan cara berfikir, keaktifan serta kreatif siswa yang dikelompok
kan menjadi beberapa kelompk di group whatsapp karena agar siswa lebih
berkonsentrasi terhadap tugas yang diberikan.Namun hal tersebut dapat terasi
dengan keaktifan guru mendarangi rumah siswa secara berkelompok untuk
menerapkan pembelajaran luring.