Abstract :
Pembelajaran berkaitan dengan interaksi antara siswa, guru dan sumber
belajar yang digunakan. Kegiatan pembelajaran identik dengan pembelajaran di
dalam kelas yang memiliki banyak keterbatasan terutama media nyata dalam
menyampaikan pembelajaran. Sehingga dikembangkan bahan ajar yang mengemas
pembelajaran secara ringkas dan menjembatani pembelajaran di luar kelas untuk
memudahkan siswa belajar mendalam melalui media nyata yang ditemui di luar
kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi dan desain
handout IPA berbasis learning cycle 3e serta respon dari siswa. Jenis penelitian
yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) model 4D yang di mulai
dari
Define
(Pendefinisian),
Design
(Perancangan),
dan
Development
(Pengembangan). Hasil penelitian yang didapatkan dari validasi ahli materi sebesar
94,58% (kategori sangat layak) dan validasi ahli desain sebesar 91,67% (kategori
sangat layak). Penyebaran angket respon siswa terkait desain produk memperoleh
nilai rata-rata sebesar 98,06% (kategori sangat positif). Hasil validasi dan respon
siswa terhadap handout IPA berbasis learning cycle 3e layak digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan, Handout, Learning Cycle 3E