Abstract :
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pretes
dan postes di kelas eksperimen. 2) untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil
belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. 3) untuk mengetahui
peningkatan keterampilan kolaborasi dari pertemuan pertama sampai petemuan
keempat pada kelas eksperimen. 4) untuk mengetahui perbedaan peningkatan
keterampilan kolaborasi dari pertemuan pertama sampai petemuan keempat antara
kelas eksperimen dan kelas kontrol. 5) untuk mengetahui hubungan antara postes
hasil belajar dan keterampilan kolaborasi siswa pertemuan keempat pada kelas
eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan hasil belajar pretes dan
postes di kelas eksperimen dengan nilai signifikansi 0,000. 2) terdapat perbedaan
peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan
nilai signifikansi 0,000. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata
N-Gain Score yaitu 0,58 dan 0,53. 3) terdapat peningkatan keterampilan
kolaborasi dari pertemuan pertama sampai petemuan keempat pada kelas
eksperimen dengan nilai signifikansi 0,000. 4) terdapat perbedaan peningkatan
keterampilan kolaborasi dari pertemuan pertama sampai petemuan keempat pada
kelas eksperimen dengan nilai signifikansi 0,000. 5) terdapat hubungan antara
postes hasil belajar dan keterampilan kolaborasi siswa pertemuan keempat pada
kelas eksperimen dengan nilai signifikansi 0,0002 dan nilai koefisien korelasi
yaitu 0,530. Kesimpulannya adalah siswa kelas eksperimen
memiliki
keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa lebih tinggi dari pada siswa kelas
kontrol.
Kata kunci: PjBL, STEM, Keterampilan Kolaborasi, Hasil Belajar,