Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan bertanya siswa
dengan menggunakan model pembelajaran make a match dengan media bongkar
pasang pada materi zat tunggal dan campuran serta persatuan dan kesatuan. Subjek
penelitian adalah siswa kelas v SDN Babbalan Kec. Batuan sebanyak 14 siswa.
Analisis data penelitian ini menggunakan lembar observasi kemampuan guru dan
profile keterampilan bertanya siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian
Tindakan Kelas ( PTK). Penerapan model pembelajaran make a match mampu
menigkatkan keterampilan bertanya siswa pada sintaks guru dan siswa dengan rata-
rata 66,66% dan 72,22% siklus I dan II termasuk pada kategori sedang. Hasil
penelitian keterampilan bertanya 64, 28% pada siklus I dan pada siklus II mengalami
peningkatan yaitu 92,85% dengan kategori tinggi. Dari paparan diatas dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat
meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas V SDN Babbalan Kec. Batuan.
Kata Kunci : Keterampilan bertanya, Model Pembelajaran make a match dengan
media bogkar pasang.