Abstract :
Kegiatan praktikum akan terlaksana dengan efisien dan efektif apabila
tersedia sarana dan prasarana yang menunjang seperti laboratorium, alat, bahan
dan petunjuk praktikum. Petunjuk praktikum yang memanfaatkan kondisi
lingkungan siswa ke dalam pembelajaran akan membuat siswa antusias dalam
mengikuti pembelajaran karena apa yang dipelajari siswa dirasakan langsung
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan: (1)
menghasilkan produk petunjuk praktikum IPA berbasis kontekstual; (2)
mengetahui kelayakan dan respon siswa pada petunjuk praktikum IPA berbasis
kontekstual untuk siswa kelas VII SMPN 1 Saronggi. Metode yang digunakan
yaitu model pengembangan 4D terdiri dari define, design, development and
dissemination. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen kelayakan dan
angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) pengembangan yang
dilakukan dapat menghasilkan enam bab materi (2) kelayakan petunjuk praktikum
IPA berbasis kontekstual dari validasi materi sebesar 93%; validasi desain sebesar
90%; dan validasi format sebesar 100%, sedangkan hasil respon siswa sebesar
93%. Petunjuk praktikum yang dikembangkan dapat dinyatakan layak digunakan
sebagai bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam melakukan praktikum
berdasarkan hasil validasi dan respon siswa.
Kata kunci: Petunjuk Praktikum, Kontekstual, 4D