Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Lestari, Vify
Dyahariesti, Niken
Adi Pramana, Galih
Subject
RS Pharmacy and materia medica
Datestamp
2020-10-20 04:44:16
Abstract :
pertumbuhan penduduk di Indonesia mengakibatkan
meningkatnya kebutuhan masyarakat. Perusahaan dituntut untuk dapat memenuhi
kebutuhan dan keingininan para konsumen. Hal tersebut diimbangi dengan
munculnya berbagai perusahaan yang memproduksi produk barang dan jasa,
sehingga sekarang ini banyak perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam jenis
usaha yang sama. Hal ini membuat persaingan semakin ketat dalam dunia bisnis.
Setiap perusahaan pada umumnya ingin produknya laku dipasaran. Usaha yang
dilakukan agar mencapai tujuan yang telah ditentukan perusahaan salah satunya
melalui menerapkan strategi dalam bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat
dan promosi.
Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh bauran pemasaran
terhadap minat beli konsumen.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan metode
sistematik review menggunakan enam acuan literatur yakni artikel penelitian
nasional dan internasional yang terakreditasi.
Hasil: Hasil review artikel terhadap enam jurnal yang menunjukkan hasil sudah
relevan dengan tujuan yang sudah ditetapkan adalah pada jurnal 1 hasil
meunjukkan bahwa variabel produk, harga, promosi dan tempat berpengaruh
terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal 3 menunjukkan hasil bahwa
variabel produk, harga, promosi, dan tempat berpengaruh terhadap keputusan
pembelian konsumen. Jurnal 4 hasil menunjukkan bahwa variabel produk, harga,
promosi dan tempat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, dan
Sedangkan jurnal 2 hasil menunjukkan hanya variabel produk, tempat dan
promosi yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen begitu juga
dengan jurnal 5 hasinya menunjukkan hanya variabel produk dan variabel
promosi yang berpengaruh. Jadinya masih ada yg belum relevan karena masih ada
beberapa variabel yang belum berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian
Kesimpulan: Pada garis besar bauran pemasaran telah memberikan pengaruh
signifikan terhadap minat beli konsumen, hanya ada beberapa sebagian kecil yang
tidak berpengaruh. Secara simultan variabel bauran pemasaran berpengaruh
terhadap minat beli konsumen.