HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN
KEPUASAN PASIEN : PENDEKATAN SYSTEMATIC REVIEW Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Tiara Zulvi, Shindyta Apriyatmoko, Raharjo
Subject
RT Nursing
Datestamp
2021-09-08 01:29:42
Abstract :
Latar Belakang : Kepuasaan pasien merupakan indikator penting dalam
pelayanan keperawatan. Salah satu upaya untuk memberikan kepuasan pada
pasien adalah dengan komunikasi terapeutik. Tujuan penelitian ini adalah
mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien.
Metode : Desain penelitian ini literature review dengan pendekatan systematic
review. Sumber data sekunder berupa artikel diambil dari Google Scholar, DOAJ
dan Researchgate. Kriteria artikel yang di review yaitu rentang waktu penerbitan
jurnal maksimal 5 tahun, berbahasa Indonesia atau Inggris, original artikel dan
tersedia full teks. Artikel yang layak untuk di review sebanyak 8 artikel yaitu
tujuh berhahasa Indonesia dan satu artikel berbahasa Inggris.
Hasil : Komunikasi terapeutik yang dilakukan perawat di rumah sakit sebagian
besar kategori baik, Kepuasan pasien atas pelayanan di rumah sakit sebagian besar
kategori puas. Komunikasi terapeutik perawat berhubungan dengan kepuasan
pasien
Saran : Rumah sakit diharapkan dapat mempertahankan komunikasi terapeutik
perawat yang dilakukan kepada pasien sehingga kepuasan pasien tetap terjaga