Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Nurma Juniarti, Mega
Adi Pramana, Galih
Susilo, Jatmiko
Subject
RS Pharmacy and materia medica
Datestamp
2021-09-09 03:25:55
Abstract :
Latar Belakang : Kepuasan merupakan suatu penilaian emosional setelah pasien
menggunakan suatu produk, dimana harapan dan kebutuhan pasien terpenuhi,
kepuasan meningkatkan loyalitas pengguna dan memiliki nilai tambah ekonomi.
Metode : Penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan intrumen penelitian
berupa kuesioner. Pengambilan data dilakukan secara accidental sampling dan
didapatkan sampel sebanyak 75 orang. Data yang diperoleh disajikan dalam
bentuk grafik dan dilakukan analisis korelasi antara kepuasan dan loyalitas pasien.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara
kehandalan (Reliability) dan loyalitas dengan nilai P = 0,000, daya tanggap
(Responsiveness) dan loyalitas dengan nilai P = 0,000, kepastian (Assurance) dan
loyalitas dengan nilai P = 0,000, empati (Emphaty) dan loyalitas dengan nilai P =
0,013, berwujud (Tangible) dan loyalitas dengan nilai P = 0,129.
Simpulan : ada hubungan signifikan antara kepuasan dengan loyalitas pasien
umum rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di puskesmas Penujak.
Kata kunci : kepuasan,loyalitas, pasien umum, pelayanan farmasi,
Puskesmas Penujak