Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Hereyanti, Desy
Dyahariesti, Niken
Oktianti, Dian
Subject
RS Pharmacy and materia medica
Datestamp
2021-09-16 01:52:17
Abstract :
Latar Belakang : Hipertensi merupakan suatu jenis penyakit pembunuh paling
dahsyat di dunia. Pemberian informasi obat adalah salah satu tahap pada
pelayanan resep untuk menghindari masalah yang berkaitan dengan terapi obat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang kepuasan pasien
setelah mendapatkan pelayanan terhadap pemberian informasi obat hipertensi.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental yang bersifat
deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang memperoleh
pemberian informasi obat antihipertensi di Puskesmas Simpur Kabupaten Hulu
Sungai Selatan sebanyak 70 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Teknik
sampling yang digunakan adalah total sampling. Alat ukur yang digunakan berupa
kuesioner yang terdiri dari 10 pertanyaan dengan katagori kurang puas, cukup
puas, dan puas.
Hasil: Tingkat Kepuasan pasien yang paling besar sebanyak (58%) yang
mememilih puas, sedangkan yang paling kecil sebanyak (37%), untuk yang paling
besar (57%) yang memilih cukup puas, sedangkan untuk yang paling kecil
sebanyak (36%), dan yang paling besar sebanyak (10%) yang memilih kurang
puas, sedangkan yang paling kecil sebanyak (6%).
Kesimpulan : Tingkat kepuasan pasien terhadap pemberian informasi obat
antihipertensi yang merasa puas sebanyak 41 orang (58%), cukup puas sebanyak
40 orang (57%), dan kurang puas yang paling besar dari pertanyaan tentang
penyimpanan sebanyak 7 orang (10%).
Kata Kunci : informasi, kepuasan, antihipertensi, puskesmas