Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Cornelio Da Cunha, Joao
Sunnah, Istianatus
Oktianti, Dian
Subject
RS Pharmacy and materia medica
Datestamp
2021-09-16 02:03:09
Abstract :
Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu
pelayanan, karena kepuasan yang tinggi menjadi indikasi keterampilan dan
kualifikasi pelayanan yang memenuhi standar. Oleh karena itu, puskesmas sebagai
fasilitas kesehatan tingkat pertama yang mampu memberikan pelayanan yang
baik.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan
pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi rawat jalan
berdasarkan 5 dimensi kehandalan (reliability, ketanggapan (responsiveness),
empati (empathy), bukti fisik (tangible) dan jaminan (assurance)di Puskesmas
Getasan Kabupaten Semarang.
Metode Penelitian: penelitian ini merupakan survey deskriptif melalui
pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner.
Sampel pada penelitian ini sebanyak 94 responden diambil secara accidental
sampling kemudian data dianalisis menggunakan analisis nilai indeks maksimal
dan minimal
Hasil: Perhitungan nilai indeks kepuasan dilihat dari rata-rata masing-masing
dimensi tingkat kepuasan pasien. tingkat kepuasan berdasarkan dimensi
kehandalan dengan nilai indeks 60,7 kategori sedang, dimensi daya tanggap
dengan nilai indeks 72,6 kategori sedang, dimensi jaminan dengan nilai indeks
67,4 kategori sedang, dimensi empati dengan nilai indeks 64,2 kategori sedang
dan dimensi bukti fisik dengan nilai indeks 70,0 kategori sedang. Rata-rata nilai
indeks secara keseluruhan 67,6 kategori sedang.
Kesimpulan: Evaluasi kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi di Puskesmas
Getasan Kabupaten Semarang berdasarkan 5 dimensi rata-rata nilai indeks 67,6
kategori sedang.
Kata kunci : Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Puskesmas
Kepustakaan : 56 pustaka (2009-2019)