Abstract :
Pada era teknologi yang semakin maju, industri telah memasuki era revolusi digital
di masyarakat Indonesia. Dengan perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi yang semakin cepat, masyarakat Indonesia dituntut untuk dapat
beradaptasi dengan era kemajuan ini. Globalisasi memberikan dampak besar
terhadap tatanan dunia sosial, politik, dan ekonomi, baik di sektor sosial,
pemerintahan, maupun bisnis. Pengaruh yang timbul sangat jelas terlihat pada
sektor ekonomi. Perkembangan teknologi saat ini menyebabkan adanya peralihan
dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi, yang mengakibatkan persaingan
pemasaran perusahaan menjadi lebih ketat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan dan
electronic word of mouth (E-WOM) terhadap pembelian impulsif pada Generasi Z
konsumen Shopee Food di Ungaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan
menggunakan data primer. Populasi penelitian ini adalah Generasi Z pengguna
marketplace Shopee Food di Ungaran, dengan sampel sebanyak 104 responden.
Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi linier
berganda menggunakan software SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan berpengaruh signifikan
terhadap pembelian impulsif oleh Generasi Z pengguna Shopee Food di Ungaran.
Selain itu, E-WOM juga berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif oleh
Generasi Z pengguna Shopee Food di Ungaran.