DETAIL DOCUMENT
Gambaran Stigma Terhadap Siswa Di Sekolah Inklusi Smp N 1 Margorejo Pati
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Putra, Goerkha Ranggusta Brahmana
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2024-11-20 06:42:00 
Abstract :
Latar Belakang : Pendidikan inklusif merupakan salah satu alternatif pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Sementara itu, dalam lingkungan sekolah inklusif, hubungan antara siswa ABK dan siswa non-ABK dapat menimbulkan bentuk stigma berupa labeling, diskriminasi, dan stereotip. Hubungan antara siswa non-ABK dan siswa ABK dalam lingkungan sekolah inklusif dapat menjadi tolok ukur keberhasilan pembelajaran. Tujuan: Siswa non-ABK SMP Negeri 1 Margorejo menjadi sampel penelitian ini yang berjumlah 68 siswa dari 221 siswa. Desain penelitian ini menggunakan Studi Deskriptif dengan pendekatan cross sectional, teknik pengambilan sampelnya adalah simple random. Metode: Analisis Univariat berupa distribusi frekuensi, Sedangkan analisis bivariat menggunakan destribusi frekuensi. Hasil : Stigma sebagian besar sedang 28 (41,2%) dan kategori rendah sebanyak 23 (33.8%), dan tinggi sebanyak 17 (25,0%) dari hasil olah data distribusi frekuensi menunjukan bahwa stigma dari siswa-siswi smp n 1 margorejo pati berbentuk labeling. Saran: Bagi guru dan siswa agar memberikan pendampingan didalam kelas agar siswa nyaman dalam menerima materi untuk diluar kelas agar siswa tidak mudah memberi lebel kepada sesama siswanya, dan untuk siswa saling menghargai anatar sesama siswa ,dengan kelebihan dan kekurang serta mendorong untuk tetap menjaga kerukunan. Kata kunci: Stigma, Sekolah Inklusi 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo