Abstract :
Latar Belakang : Pertumbuhan penduduk yang besar dapat diatasi dengan
program KB, berbagai pilihan alat kontrasepsi KB dapat didapatkan di Puskesmas
ataupun tempat pelayanan kesehatan salah satunya klinik Ibnu Sina Km 7
Balikpapan, berdasarkan data terdapat penurunan kunjungan KB sejak tahun 2019
sampai tahun 2023 sebesar 45%, kunjungan akseptor KB ke Klinik dipengaruhi
oleh kepuasan terhadap pelayanan KB yang terdiri aspek reliability, assurance,
tangible, emphaty dan responsiveness.
Tujuan penelitian : Mengidentifikasi gambaran kepuasan pasien terhadap
pelayanan KB berdasarkan reliability, assurance, tangible, emphaty dan
responsiveness di klinik Ibnu Sina Km 7 Balikpapan.
Metode Penelitian : Pada metode penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh akseptor KB yang berkunjung ke
Klinik Ibnu Sina Balikpapan periode bulan Maret-Mei 2024 yaitu sebanyak 150
orang. Teknik sampling menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 109 responden. Analisis data dengan distribusi frekuensi dan presentase
dari masing-masing variabel.
Hasil Penelitian : Gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan KB
berdasarkan reliability sebanyak 56,9% merasa puas, gambaran kepuasan pasien
terhadap pelayanan KB berdasarkan assurance sebanyak 68,8% merasa puas.
Gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan KB berdasarkan tangible
sebanyak 56,9% merasa puas. Gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan KB
berdasarkan emphaty sebanyak 65,1% merasa sangat puas. Gambaran kepuasan
pasien terhadap pelayanan KB berdasarkan responsiveness sebanyak 57,8%
merasa puas.
Simpulan : kepuasan pasien secara keseluruhan merasa puas dengan pelayanan
KB berdasarkan aspek reliability, assurance, tangible dan aspek emphaty sangat
puas.
Kata kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan KB