DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK DOWN SIDROME SEBELUM DAN SESUDAH BERMAIN PUZZLE ANGKA DI SLB NEGERI UNGARAN KABUPATEN SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Setyorini, Heni
Yunita Galih, Yudanari
Sukarno, Sukarno
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2020-04-22 03:36:40 
Abstract :
Latar Belakang : Kemampuan mengenal angka di usia dini yaitu memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupun yang rumit. Tujuan : Mengetahui Perbedaan Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Down Sidrome Sebelum dan Sesudah Bermain Puzzle Angka di SLB Negeri Ungaran Kabupaten Semarang. Metode : Desain penelitian ini kuantitaif dengan pendekatan One Groups Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini siswa down syndrome yang belum mampu mengenal angka dengan benar di SDLB N Ungaran, Kabupaten Semarang dengan sampel 20 orang diambil menggunakan metode purposive sampling. Alat pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan program SPSS. Analisis bivariat menggunakan uji paired t test. Hasil : Kemampuan mengenal angka pada anak down syndrome sebelum diberikan terapi bermain puzzle Angka sebagian besar kategori cukup (65,5%). Kemampuan mengenal angka pada anak down syndrome sesudah diberikan terapi bermain puzzle Angka sebagian besar kategori baik (55,5%). Ada perbedaan kemampuan mengenal angka sebelum dan sesudah melakukan terapi bermain puzzle angka pada anak down syndrome di SLB Negeri Ungaran Kabupaten Semarang, dengan p-value = 0,005 < 0,05 (?). Simpulan : Ada Perbedaan Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Down Sidrome Sebelum dan Sesudah Bermain Puzzle Angka di SLB Negeri Ungaran Kabupaten Semarang. Saran : Sebaiknya pihak SLB memberikan terapi bermain puzzle angka sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak down syndrome. 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo