Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Setyorini, Heni
Yunita Galih, Yudanari
Sukarno, Sukarno
Subject
RT Nursing
Datestamp
2020-04-22 03:36:40
Abstract :
Latar Belakang : Kemampuan mengenal angka di usia dini yaitu memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupun yang rumit.
Tujuan : Mengetahui Perbedaan Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Down Sidrome Sebelum dan Sesudah Bermain Puzzle Angka di SLB Negeri Ungaran Kabupaten Semarang.
Metode : Desain penelitian ini kuantitaif dengan pendekatan One Groups Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini siswa down syndrome yang belum mampu mengenal angka dengan benar di SDLB N Ungaran, Kabupaten Semarang dengan sampel 20 orang diambil menggunakan metode purposive sampling. Alat pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan program SPSS. Analisis bivariat menggunakan uji paired t test.
Hasil : Kemampuan mengenal angka pada anak down syndrome sebelum diberikan terapi bermain puzzle Angka sebagian besar kategori cukup (65,5%). Kemampuan mengenal angka pada anak down syndrome sesudah diberikan terapi bermain puzzle Angka sebagian besar kategori baik (55,5%). Ada perbedaan kemampuan mengenal angka sebelum dan sesudah melakukan terapi bermain puzzle angka pada anak down syndrome di SLB Negeri Ungaran Kabupaten Semarang, dengan p-value = 0,005 < 0,05 (?).
Simpulan : Ada Perbedaan Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Down Sidrome Sebelum dan Sesudah Bermain Puzzle Angka di SLB Negeri Ungaran Kabupaten Semarang.
Saran : Sebaiknya pihak SLB memberikan terapi bermain puzzle angka sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak down syndrome.