Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
HARTATI, EVA ADE
Yuswantina, Richa
Dyahariesti, Niken
Subject
RS Pharmacy and materia medica
Datestamp
2020-09-15 03:24:00
Abstract :
Latar Belakang : Rumah sakit harus mempertahankan kualitasnya agar
pelayanan sesuai dengan yang diharapkan pasien sehingga ada kepuasan tersendiri
yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Rumah Sakit dituntut tidak hanya
memberikan pelayanan yang memuaskan tetapi juga berorientasi pada nilai.
Organisasi tidak semata-mata mengejar pencapaian produktifitas kerja yang tinggi
tetapi juga kinerja yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui
Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit PKU
Aisyiyah Boyolali Bulan Februari Tahun 2020.
Metode : Jenis penelitian ini yaitu dengan pendekatan Cross Section
menggunakan kuesioner dengan metode survey sebagai alat pengumpulan data.
Jenis teknik sampling yang digunakan Purposive Sampling dan didapat sampel
sebanyak 91 responden di Instalasi Farmasi Rumah Sakit PKU Aisyiyah Boyolali.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien di Rumah Sakit PKU
Aisyiyah Boyolali memiliki kepuasan dengan kategori sangat puas dari dimensi
kehandalan sebesar 82,8%, kategori sangat puas dari dimensi jaminan sebesar
81,33%, kategori sangat puas dari dimensi empati sebesar 86,63%, kategori sangat
puas dari dimensi daya tanggap sebesar 85,24% dan kategori sangat puas dari
dimensi bukti langsung sebesar 88,8%.
Kesimpulan : tingkat kepuasan responden di instalasi farmasi Rumah Sakit PKU
Aisyiyah Boyolali termasuk dalam kategori sangat puas sebesar 84,95%.
Kata Kunci : Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien, Instalasi Farmasi Rumah
Sakit