Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Tika Fianti, Metri
Retno Karminingtyas, Sikni
Susilo, Jatmiko
Subject
RS Pharmacy and materia medica
Datestamp
2020-10-06 03:25:15
Abstract :
Latar Belakang : Kepuasan pasien adalah tanggapan pelanggan atau pengguna jasa
untuk setiap pelayanan yang diberikan. Kepuasan pasien dapat dikatakan sebagai
tolak ukur untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit
atau Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Waktu tunggu merupakan salah satu faktor
yang mempengaruhi kepuasan pasien. Tujuan review adalah untuk mengetahui
hubungan antara waktu tunggu pelayanan resep dengan kepuasan pasien di
peleyanan kesehatan.
Metode : Review artikel ini dilakukan dengan menelaah beberapa jurnal baik
nasional maupun internasional.
Hasil : Berdasarkan Analisa kelima artikel didapatkan waktu tunggu pelayanan
resep di Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang dengan rata-rata waktu
tunggu pelayanan resep sekitar 39 menit 34 detik untuk pelayanan resep obat
racikan dan 29 menit 0 detik untuk pelayanan resep obat jadi. Dipuskesmas
Kelayan Dalam dengan rata-rata waktu tunggu pelayanan resep non racikan di jam
pelayanan 08.00-10.00 selama 7,28 menit dan jam pelayanan 10.00-12.00 selama
8,14 menit serta rata-rata waktu tunggu pelayanan resep racikan di jam pelayanan
08.00-10.00 selama 3,73 menit dan jam pelayanan 10.00-12.00 selama 4,74 menit.
Diapotek pelengkap Kimia Farma BLU RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou secara
keseluruhan rata-rata 19 menit 27 detik. Waktu tunggu pelayanan resep obat jadi 16
menit 08 detik. Waktu tunggu pelayanan resep racikan 39 menit 74 detik.
Kesimpulan : Berdasarkan review artikel bahwa terdapat hubungan waktu tunggu
pelayanan resep dengan kepuasan pasien beberapa pelayanan kesehatan seperti
rumah sakit, puskesmas dan Apotek Kimia Farma.
Kata Kunci : Waktu Tunggu, Resep dan Kepuasan Pasien.