Abstract :
Meningkatnya penggunaan kosmetik dalam kehidupan sehari-hari
menjadikan kosmetik sebagai kebutuhan untuk memperindah penampilan bagi
khalayak umum terutama bagi wanita. Penggunaan kosmetik utama seperti make
up dekoratif wajah pada saat pandemi Covid-19 ini mulai berkurang dan
digantikan dengan meningkatnya penggunaan produk perawatan seperti skincare.
Hal tersebut menyebabkan meningkatnya persaingan antar produsen kosmetik
skincare dalam menarik minat beli konsumen. Salah satunya adalah persaingan
dalam hal harga. Selain harga, kehalalan juga menjadi faktor yang diperhatikan
oleh masyarakat Kota Padang yang merupakan ibukota Sumatera Barat dengan
mayoritas penduduknya muslim. Penggunaan produk halal menjadi pertimbangan
karena konsumen muslim akan merasa lebih aman dan terjamin dalam
mengonsumsinya. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, maka penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh label halal dan harga
terhadap keputusan pembelian kosmetik skincare pada mahasiswi di Kota
Padang.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode uji regresi linier
berganda disertai dengan uji hipotesis untuk mengetahui tingkat pengaruh antar
variabel label halal dan harga dengan variabel keputusan pembelian.
Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan
skala likert kepada responden secara daring. Hasil dari jawaban responden
direkapitulasi dan dijadikan data dasar untuk mengolah perhitungan dalam
menentukan model regresi. Hasil dari pengolahan data berupa hipotesis yang
didapatkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari variabel bebas yaitu
label halal dan harga terhadap keputusan pembelian sebagai variabel terikat.
Berdasarkan hasil analisis terhadap uji regresi linier berganda dan uji
hipotesis diketahui bahwa label halal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
keputusan pembelian kosmetik skincare pada mahasiswi di Kota Padang.
Sedangkan harga menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap
keputusan pembelian. Hasil pengolahan data dan analisis juga menunjukkan
bahwa tingkat kepentingan label halal lebih diutamakan dibandingkan dengan
harga terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswi di
Kota Padang lebih mengutamakan penggunaan kosmetik skincare halal dibanding
dengan kosmetik yang berharga murah tapi belum berlabel halal untuk menjamin
kualitas dan keamanan dari pemakaian produk kosmetik skincare tersebut.