Abstract :
Peningkatan kasus COVID-19 yang tidak terkendali membuat perubahan
dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Pembelajaran daring merupakan salah
satu upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Fakultas Kedokteran Universitas
Andalas menggunakan problem based learning (PBL) sebagai kurikulum
pendidikan yang mendapatkan pemahaman pembelajaran yang lebih mendalam
terhadap masalah yang dijadikan acuan. Tutorial merupakan jantung dari
pembelajaran PBL.
Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa angkatan 2018 dan 2019
Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Metode
penilitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif dengan desain cross-sectional.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportionate stratified random
sampling dan didapatkan sampel sebanyak 237 responden. Data dikumpulkan
dengan menggunakan Tutorial Effectiveness Instrument yang telah divalidasi.
Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner secara online.
Hasil penelitian didapatkan sebagian besar (89,4%) mahasiswa memberikan
pernyataan bahwa diskusi tutorial daring adalah efektif. Bila dilihat dari ketiga
aspek yang dijadikan dasar penilaian, yaitu kognitif, motivasi, dan demotivasi
mahasiswa menilai aspek-aspek tersebut memberikan efektivitas tutorial PBL
sebesar 87,3%,88,6%, dan 73,8%.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan diskusi tutorial daring
mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas selama masa pandemi
COVID-19 sudah berjalan baik dan efektif.